Canon LBP 6230dn Review

Canon imageClass Laser Beam Printer 6230dn atau Canon LBP 6230dn merupakan salah satu printer laser dari jajaran printer laser monokrom Canon single function (print only) yang beredar di Indonesia. Printer ini sangat mirip dengan seri Canon imageClass LBP 6230dn, hanya saja pada Canon LBP 6230dn terdapat tambahan fitur network yang lebih baik. Printer laser dengan berat sekitar 7 kg ini mulai beredar di Indonesia tahun lalu dengan menggunakan device memory 64 mb, dan memiliki ukuran dimensi fisik  379 x 293 x 243mm. Desainnya pun terlihat simple dan compact dengan bentuk yang tidak terlalu berbeda dengan Canon LBP 6200d. Pada bagian atas printer terdapat balutan warna dark grey pada body printer dan terdapat tombol-tombol yang mendukung pengoperasian printer ini.


Dengan First Printout Time yang hanya 6 detik dan recovery time dalam waktu 10 detik , Canon LBP 6230dn cukup bisa diandalkan dalam memaksimalkan produktivitas cetak monokrom. Untuk mencetakan kertas ukuran A4 dalam mode standar, printer bisa mencetak dengan kecepatan hingga 25 (ppm) halaman per menit, serta didukung dengan resolusi cetak yang mencapai 600 x 600 dpi. Dan untuk lebih irit kertas, tersedia fitur Automatic Duplex Printing untuk cetak bolak balik atau dua sisi kertas sekaligus secara otomatis, yang sudah tertanam pada printer ini.
Printer laser monokrom ini juga sudah mendukung untuk pencetakan mobile printing dengan cara menggunakan Canon Mobile Printing App untuk android dan IOS, kemudian di koneksikan dengan jaringan lokal dimana printer Canon tersebut terhubung. Sehingga memungkinkan untuk melakukan mobile printing dan wireless printing dari perangkat mobile yang mendukung. Tempat kertasnya mampu menampung hingga 250 lembar kertas. Printer laser ini memiliki duty cycle maksimal hingga 8.000 halaman per bulan, meskipun dari Canon hanya merekomendasikan penggunaanya hingga 2000 halaman per bulan agar printer lebih awet.

Printer ini sudah dilengkapi teknologi CAPT dari Canon. Canon mengklaim bahwa dengan memanfaatkan kekuatan Percetakan Canon Advanced Technology (Capt) dan Hi-SciA (High Smart Compression Architecture), printer ini mampu memproses data gambar yang lebih cepat dibandingkan printer konvensional.Yang Hi-ScoA lakukan adalah mengompresi data cetak ke ukuran yang lebih kecil untuk mentransfer cepat dari komputer ke printer dengan Capt. Hasilnya adalah kecepatan cetak yang cukup baik tanpa ada perlu upgrade memori printer.
Printer ini menggunakan jenis toner cartridge Canon 326 yang memiliki page yield hingga 2.100 halaman (acuan 5% coverage area cetak). Pemasangan dan melepas toner cartridgenya pun cukup mudah. Sehingga user dapat melakukannya sendiri di  rumah atau di kantor. Namun ketika membeli printer ini dalam kondisi baru, kapasitas toner bawaannya hanya sampai 900 halaman (acuan 5% coverage area cetak). Jika kesulitan menemukan cartridge toner originalnya dipasaran, bisa menggunakan cartridge compatible bisa menggunakan cartridge compatible 78A dengan page yields yang kurang lebih sama dengan cartridge toner original Canon untuk seri printer ini.

Printer ini dibanderol dengan harga sekitar dua jutaan rupiah di Indonesia dan tidak semua toko printer ready untuk seri ini. Jika tidak tersedia, biasanya konsumen harus indent atau memesannya lebih dahulu. Canon LBP 6230dn cukup cocok digunakan untuk konsumen oleh kantor kecil (small office uder) atau untuk UKM (Usaha Kecil Menengah) dalam mencetak dokumen-dokumen yang dibutuhkan yang hanya membutuhkan warna hitam dan putih yang digunakan untuk persama dalam semua perangkat jaringan komputer untuk penggunaan bersama. Namun, semua kembali kepada kebutuhan cetak masing-masing user dan pilihan untuk menggunakan printer yang sesuai dengan kebutuhan.

One Comment Add yours

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.