Fuji Xerox DocuPrint P265DW Review

Fuji Xerox DocuPrint P265DW merupakan salah satu printer laser monokrom single function dari Fuji Xerox di kelas entry level dari sekian banyak jajaran printer Fuji Xerox yang beredar di Indonesia. Printer laser ini diperkenalkan oleh Fuji Xerox di Indonesia pada pertengahan tahun lalu. Printer ini sangat mirip dengan printer laser Brother dari seri HL dari hal engine dan consumable. Hanya fisiknya yang dibuat sedikit dipoles ala design Fuji Xerox. Kemungkinan besar Fuji Xerox memesan printer ini dari manufacturing Brother. Printer laser ini dibanderol dengan harga di sekitar 1,3 juta hingga 1,5 juta rupiah. 

Printer ini juga sangat mirip dengan saudaranya yaitu Fuji Xerox DocuPrint P225D. Hanya saja pada P265DW memiliki kecepatan cetak yang lebih baik dan mendukung fitur wireless printing yang lebih baik. Printer laser ini memiliki berat 5,9 kg dengan menerapkan teknologi elektrophotographic dalam proses pencetakan dokumennya. Printer laser Fuji Xerox ini memiliki dimensi fisik 356 x 360 x 186 mm. Dengan desain yang terlihat simple dan compact namun tetap stylish dengan paduan warna white dan dark grey serta tombol power di bagian atas printer. Warm up printer laser ini kurang dari 15 detik. Hasil cetakan pertama yang keluar setelah melakukan perintah print hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 detik.
Salah satu fitur utama printer ini adalah pencetakan dua sisi kertas sekaligus (automatic duplex) yang dibenamkan dalam printer laser ini untuk mempermudah para penggunanya. Hasil cetak Fuji Xerox DocuPrint P265DW pun cukup tajam dan bersih dengan resolusi mencapai 600 x 600 dpi. Printer laser monokrom ini memiliki kecepatan mencetak up to 30 ppm (page per minute). Printer ini mampu menangani kertas ukuran dengan ketebalan 60 gsm – 163 gsm (grams per square meter). Printer laser Fuji Xerox DocuPrint P265DW memiliki tempat kertas (paper tray) yang mampu menampung 250 lembar kertas.

Printer laser Fuji Xerox DocuPrint P265DW juga memiliki fitur wireless wi-fi yang akan memudahkan dalam proses mobile printing dan wireless printing. Dengan hanya menekan tombol wps di printer, secara otomatis akan dapat router wifi di sekitar Anda akan mendeteksi printer sehingga mencetak langsung dokumen atau gambar dari ponsel smartphone, tablet, dan laptop dari IOS, Windows, dan Android semakin mudah dibantu dengan aplikasi Fuji Xerox Print Utility maupun Apple Air Print. Sehingga hasil dari smartphone maupun perangkat mobile lain akan semakin mudah di cetak secara wireless.
Seperti pada seri Fuji Xerox P225D, pada seri printer P265DW ini cartridge tonernya dan drum unit pun terpisah letaknya dan dijual nya pun terpisah. Fuji Xerox memberikan dua jenis toner cartridge yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan para pengguna printer laser ini, yaitu toner cartridge standard yield dan toner high yield. Printer ini menggunakan toner cartridge dengan page yield 1.200 halaman untuk standard yield-nya. Jika kebutuhan cetak user lebih banyak bisa menggunakan toner high yield dengan page yield 2.600 halaman. Sedangkan Drum unit nya menggunakan tipe CT351055 yang diklaim mampu bertahan hingga 12.000 halaman.

Printer Fuji Xerox DocuPrint P265DW ini cocok digunakan untuk kalangan professional di instansi pemerintahan mapun swasta dengan lingkup kerja tidak terlalu banyak, membutuhkan fitur duplex printing, wireless printing, dan harganya masih relatif terjangkau. Apalagi ukurannya yang terlihat compact, praktis, dan tidak memakan ruang. Printer ini juga cocok digunakan oleh UKM (Usaha Kecil Menengah) dalam mencetak dokumen-dokumen yang dibutuhkan yang hanya membutuhkan warna hitam dan putih atau monokrom. Namun semua kembali kepada pengguna untuk memilih printer yang sesuai dengan kebutuhannya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.