HP LaserJet Pro M402dn Review

Minggu lalu, HP memperkenalkan beberapa printer laser terbarunya secara internasional untuk market small medium business yang sedang berkembang cukup pesat. Salah satunya adalah printer laser HP LaserJet Pro M402dn. Printer laser akan menjadi salah satu produk printer laser single function A4 unggulan HP di kelas printer laser monokrom di segmen SMB. Printer ini memiliki beberapa varian yaitu HP LaserJet Pro M402n, HP LaserJet Pro M402dn, dan HP LaserJet Pro M402dw. Melihat spesifikasi dan serinya, printer ini kemungkinan besar akan menjadi penerus printer laser HP LaserJet Pro 400 M401 Series atau mungkin akan menjadi pelengkap varian printer laser monokrom HP di segmen SMB. Namun itu akan kembali kepada kondisi di pasar printer dan keputusan dari HP.


Printer ini pun telah mengadopsi teknologi HP JetIntelligence yang mulai ditanamkan di printer-printer terbaru HP. HP JetIntelligence di printer keluaran terbaru mereka benar-benar dioptimalkan untuk menciptakan produk yang benar-benar unggul dari pendahulunya. HP mengklaim bahwa rata-rata teknologi JetIntelligence mampu membuat printer HP terbaru menjadi 40% lebih cepat, 40% lebih mungil, 33% lebih baik dalam kemampuan cetak, dan juga 53% lebih hemat daya.

Bentuk printer yang tidak terlalu besar, dan lebih kecil daripada HP LaserJet Pro 400 M401 namun memiliki kualitas cetak cepat dan kepasitas cetak yang lebih banyak untuk penggunaan di kelas SMB (Small-Medium Business). Desain fisik HP LaserJet Pro M402dn yang compact & simple, serta balutan bodi printer berwarna putih dan dark grey, membuat printer ini masih mudah di tempatkan diberbagai sudut ruangan kerja di kantor dan terlihat elegan. Terdapat LCD 2 line pada bagian atas printer untuk petunjuk control panel-nya. Dengan berat printer sekitar 8,5 kg, HP Laserjet Pro M402dn menggunakan memory 128 mb dam processsor 1200 MHz. Duty cycle maksimalnya mampu hingga 90.000 halaman perbulan, meskipun HP hanya merekomendasikan untuk penggunaan sekitar 750 – 4000 halaman perbulan. 



Fungsi cetak pada HP Laserjet Pro M402dn mampu mencetak kertas dengan format black & white atau monokrom dengan kecepatan hingga 40 halaman per menit dengan mode kertas A4. Dengan resolusi cetak up to 1200 x 1200 dpi berkat teknologi HP FastRest 1200. Printer ini pun sudah didukung fitur auto duplex printing agar bisa mencetak dua sisi kertas sekaligus. Printer ini dilengkapi dengan Via built-in 10/100/1000Base-TX Ethernet, Gigabit; Auto-crossover Ethernet; Authentication via 802.1X sehingga mempermudah pencetakan jaringan jika digunakan secara bersama dalam suatu kelompok kerja di kantor.

User dapat menaruh cukup banyak kertas di paper tray hingga 250 lembar, sehingga memudahkan pencetakan dalam jumlah yang tidak sedikit. Terdapat paper tray tambahan yang mampu menampung hingga 550 lembar kertas yang dijual terpisah. Printer laser monokrom ini menggunakan jenis cartridge toner baru yaitu cartridge toner HP 26A dengan kapasitas cetak hingga 3100 halaman per cartridge toner. Terdapat pula pilihan HP 26X dengan kapasitas cetak hingga 9000 halaman per cartridge toner untuk user yang memiliki kebutuhan cetak lebih banyak lagi.  


Belum pasti kapan printer ini akan mulai masuk Indonesia. Kemungkinan besar juga harga HP LaserJet Pro M402dn tidak akan terlalu jauh berbeda dengan HP LaserJet Pro M401dn yang sudah cukup lama beredar di pasaran printer Indonesia. Printer HP LaserJet Pro M402dn ini cocok digunakan untuk small dan medium business, UKM, serta instansi yang memiliki kebutuhan cukup tinggi dalam mencetak dokumen monokrom. Meski tergolong cukup berat, printer ini masih terlihat compact ukurannya di jajaran printer laser di kelasnya. Sehingga masih cocok ditempatkan di berbagai sudut ruangan kantor yang kecil maupun besar. Semua kembali kepada kebutuhan cetak masing-masing user. Kita tunggu kedatangannya di Indonesia. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.