8 Tips Tetap Produktif Selama Ramadhan

on
Berikut 8 Tips Agar Tetap Produktif Selama Puasa di bulan Ramadhan. 
  1. Memiliki niat yang tulus, bekerja keras dan banyak berdo’a agar bulan Ramadhan ini selalu bekerja secara produktif dan maksimal.
  2. Tetap lakukan rutinitas anda dan juga maksimalkan waktu Anda setiap hari untuk ibadah, hindari melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain.
  3. Rencanakan apa yang ingin diprioritaskan dalam menyelesaikan pekerjaan di bulan Ramadan. Buat sebuah list rencana yang harus dilakukan berikut target tanggal penyelesaiannya, sehingga tidak ada waktu untuk bermalas-malasan dengan alasan sedang berpuasa.  Kalau perlu catat di dalam buku harian, catatan khusus, maupun smartphone.
  4. Tetap lakukan olahraga rutin setidaknya selama 45 menit sebelum buka puasa atau setelah solat isya dan teraweh maksimal selama 60 menit untuk menjaga kondisi kebugaran tubuh. Bisa juga berolahraga setelah sahur selama maksimal 30 menit dengan intensitas ringan.
  5. Banyak memberi ‘Sedekah Fisik’ secara langsung secara pribadi jika memungkinkan atau terlibat dalam organisasi/komunitas yang  kegiatan ikut andil dalam memberi makan untuk berbuka puasa, menggerakan untuk kegiatan beramal,  menolong anak anak yatim  dan semacamnya.
  6. Block waktu-waktu tertentu dalam keseharian Anda untuk membaca Al Quran sebanyak mungkin agar tetap maksimal dalam membaca Al Quran namun tetap tartil. 
  7. Atur waktu istirahat. Karena kita akan bangun untuk sahur, usahakan setiap hari kita bisa tidur lebih awal. Semakin siang di tempat kerja, sering kali kita diuji dengan rasa kantuk yang melanda. Padahal, tugas harus diselesaikan tepat waktu. Jangan sampai hal ini terjadi di tempat kerja karena kita kurang memaksimakan waktu istirahat di rumah.
  8. Jangan lewatkan kesempatan untuk berdakwah walau sekecil apapun. Misalnya, ketika seseorang menanyakan kenapa harus berpuasa, berikan mereka jawaban yang indah mengenai Ramadhan dan Islam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.