Menghidupkan Kembali Printer Canon MP258 Yang Mati Total Setelah Direset

on
Menghidupkan Kembali Printer Canon MP258 Yang Mati Total Setelah Direset

Yup Sesuai judulnya, kali ini saya akan sharing bagaimana menjadikan printer canon MP258 ini sebagai zombie. Awalnya sama kantor di tugaskan untuk dinas ke salah satu client yang ada di Sidoarjo, yang mana tugas itu untuk memperbaiki 3 printer plus 1 komputer ALL in One yang sering hang atau freeze. Untuk yang 1 printer, yaitu LX 300+II udah beres, kemudian printer satunya Epson L100 masih garansi jadi gak berani bongkar, selanjutnya PC All in ONE pun juga selesai opname, jadi tinggal satu pekerjaan yang belum selesai, yaitu perbaiki printer Canon MP258 yang di modif.

Awalnya printer ini menunjukkan penyakit lamanya yang sering kambuh, yaitu penyakit E05, di otak atik berkali kali gak bisa-bisa, padahal ketika penyakit yang sama beberapa bulan sebelumnya gampang dalam penanganannya, tapi kali ini harus bener-bener sial bin mampus. Ya, bener-bener mampus tuh printer, udah Error E05 gak ilang-ilang, eh ternyata printer malah death, alias mati total.

Keringat pun bercucuran, dalam hati, gila nih kalo sampe adaptornya rusak, bisa-bisa 2 hari gaji buat gantiin adaptor tuh. Coba test kabel power pake multimeter, gak ada masalah, wah berarti adaptornya nih. busyet… deh. akhirnya coba lepas semua kabel, baik kabel usb maupun powernya, kemudian saya tinggal cek email, buka tokopedia, barangkali ada order masuk, akhirnya lama-lama jadi lupa kalo masih punya PR printer canon mp258 itu.

Jam 12 siang adalah waktunya istirahat makan siang, sambil tunggu dibelikan makan siang oleh perusahaan, iseng-iseng coba otak-atik lagi tuh printer, siapa tahu ada keajaiban. Diawali dengan bacaan bismillah, tancepkan kabel USB, kemudian tancepkan kabel powernya, sambil dug dug tak menekan tombol power, dan………. Alhamdulillah printer bisa nyala lagi, walaupun kode E05 masih belum teratasi, tapi setidaknya printer bisa menyala kembali. selanjutnya tinggal menyelesaikan kode error E05 yang seharusnya masalahnya ada pada catridnya. Untuk cara mengatasi kode Error E05 ini akan saya bahas di lain waktu aja ya….. dan sekarang waktunya makan siang, karena udah datang tuh makan siangnya…..

Kesimpulan: (pake perasaaan saya sendiri loh, jadi tidak ada teknisnya)
ketika kita salah melakukan reset, ternyata printer canon mp258 ini akan mati dengan sendirinya, ketika printer udah mati, maka ditekan tombol power berkali-kali pun tidak akan bisa menyala.
Solusinya: (ya,… itu tadi)
cabut semua kabel baik USB maupun powernya dan tunggu sekitar 10 menit, setelah itu tancepkan kembali semua kabelnya, maka printer seharusnya bisa menyala kembali, tapi kalo tetep tidak menyala, coba cabut kabelnya agak lama, dalam kasus saya tadi, saya baru nancepkan kabel setelah lebih dari 1 jam setelah di cabut, kalo masih belum juga menyala, kemungkinan kabel powernya atau adaptornya yang rusak.
Sumber : irnesya . blogspot . com

3 Comments Add yours

  1. Bayu bagus berkata:

    Kalau masih tidak bisa menyala,kira2 masalahnya dimana ya ?

  2. andreashisar berkata:

    Trima kasih Mas, sangat menolong saya.

  3. duwi indarti berkata:

    thanks gan sudah share infonya
    solder uap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.